Tips Bila Anda “Ditahan” oleh Polisi

Aturan paling dasar (n sederhana, tapi sering diabaikan terutama karena faktor “tegang dan takut”) saat anda menjadi tersangka atas suatu kasus dan berurusan dengan polisi adalah melakukan apa yang mereka perintahkan. Tapi lebih jauh lagi, berikut ini adalah HAL-HAL YANG ANDA BERHAK LAKUKAN, dengan tujuan melindungi hak-hak anda sebagai tersangka:

1. Jangan repot-repot meyakinkan polisi bahwa anda tidak bersalah. Sebab, INI TIDAK BERGUNA! Polisi tsb hanya butuh “probable cause” bahwa anda telah melakukan tindak kejahatan dan menahan anda. Dia tidak menentukan apakah kesalahan anda, dan dia (pada dasarnya) TIDAK PEDULI apakah anda bersalah atau tidak. ADALAH TUGAS HAKIM UNTUK MEMBEBASKAN ANDA jika polisi telah salah menangkap anda. Jika anda merasa sangat perlu untuk meyakinkan polisi, INGAT, sangat dimungkinkan anda malah mengatakan sesuatu yg justru akan memberatkan kasus anda.

2. Jangan kabur. Sederhana, sulit bagi anda untuk kabur dari polisi. Ini justru akan memancing polisi untuk menahan anda dengan cara yg kasar (pada akhirnya mencederai anda). Worst case, polisi mengira anda lari karena anda membawa senjata api, akibatnya polisi terpaksa menggunakan senjata mereka.

3. Anda berhak untuk (dan sebaiknya) DIAM terutama jangan berbicara apapun yg bersangkutan secara langsung maupun tidak langsung dengan kasus. Ingat konsep Miranda: tersangka berhak Diam, dan apapun yg tersangka katakan (jika mungkin) dapat digunakan sebagai alat bukti yg memberatkan kasus anda. Polisi dan jaksa punya kecenderungan untuk mengabaikan kata-kata anda yg akan meringankan hukuman anda, sebaliknya akan mengeksploitasi setiap “kesalahan berbicara” untuk memberatkan hukuman anda.

4. Anda berhak untuk Tidak memberikan izin untuk melakukan pencarian/penggeledahan. Tanpa surat resmi, mereka TIDAK PUNYA HAK untuk melakukan penggeledahan (kecuali jika anda mengijinkan). Contoh, polisi hendak menggeledah rumah anda, katakan “KALIAN TIDAK SAYA IJINKAN UNTUK MELAKUKAN PENGGELEDAHAN” Kemudian jika katakanlah tetangga/penonton (atau siapapun yang tidak berhubungan dgn anda) mendengar statement anda barusan dan menemukan “bukti”. Anda dpt MENEMPUH JALUR HUKUM agar bukti tsb tdk dpt digunakan oleh polisi, asyik kan?

5. Jika polisi menggeledah rumah/ mobil anda, jangan bereaksi sedikitpun, diamlah, jgn melihat kemana-mana (sering orang malah melihat ke tempat mereka menyembunyikan barang bukti -mencurigakan). Jangan juga jawab pertanyaan polisi (anda berhak), terutama jika polisi bertanya: “Barang ini punya siapa?”

6. Saat tertangkap tangan jangan melawan. Sangat mungkin anda justru akan mencederai diri anda sendiri. Lebih gawat lagi, jika anda mencederai polisi, mereka bisa mengubah tuduhan anda dari kejahatan ringan menjadi berat.

7. Jangan mencaci-maki polisi sekalipun anda adalah korban salah tangkap. POLISI PUNYA KELELUASAAN UNTUK MENENTUKAN TUDUHAN MEREKA TERHADAP ANDA. Sekali lagi, mereka dapat mengubah tuduhan anda dari kejahatan ringan menjadi berat. Lebih parah lagi, polisi yg tersinggung bisa saja (ini sering terjadi) “kongkalikong” dgn Jaksa untuk membuat sidang anda “tidak menyenangkan”.

8. Saat interogasi, Jangan percaya apapun yang dikatakan polisi agar anda bicara. POLISI BERHAK BERBOHONG untuk memancing anda mengaku. Berikut ini beberapa metode yg umum:
a. “Mengakulah agar hukuman anda dapat lebih ringan” -bohong besar. Yang menjadi lebih ringan adalah pekerjaan para polisi untuk membuat anda mengaku
b. Misal ada 2 tersangka (diinterogasi secara terpisah), polisi berkata: “Mengakulah, temanmu yang di sana sudah mengaku tuh” -bohong besar, karena polisi mengatakan hal yg sama pada teman anda (semoga tdk tertipu).
Lebih jauh lagi, jika anda mengalami “penganiayaan” dlm interogasi anda, segera hubungi pengacara anda utk tindakan lebih lanjut.

9. Jika anda sedang ada di dalam rumah, polisi diluar jangan ijinkan polisi untuk masuk (tanpa surat penahanan), jangan pula keluar rumah. POLISI BIASANYA MEMBUTUHKAN SURAT PENAHANAN utk menahan subyek yang berada dlm rumahnya, tentu saja jika anda keluar rumah ini akan memudahkan mereka untuk menahan anda. Jika polisi meminta anda utk keluar, katakan “Anda tidak boleh masuk, saya mau bicara dari sini saja” Dan sekali lagi mengulangi poin ke-2: JANGAN KABUR!!

10. Jika anda ditangkap diluar rumah kemudian polisi menawarkan anda utk pulang terlebih dulu (sblm ke kantor polisi) utk ganti baju, menghubungi keluarga anda atau alasan apapun, sebaiknya jangan terima tawaran ini! Yang polisi inginkan adalah anda masuk ke dlm rumah sementara polisi yang mengawal anda ikut masuk kemudian melakukan penggeledahan. Metode yg sama berlaku utk (katakanlah) mobil anda.

CATATAN AKHIR: Saat anda ditahan oleh polisi, berarti anda sudah masuk ke dalam “game” polisi tsb, ironisnya kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana aturan permainan yang (tentu saja) telah ditentukan oleh polisi. Satu lagi, JIKA POLISI PUNYA CUKUP BUKTI, MEREKA AKAN MENAHAN ANDA, JIKA TIDAK, MEREKA AKAN MEMBUAT ANDA MENYEDIAKAN BUKTI TERSEBUT UNTUK MEREKA

Demikian, semoga bermanfaat…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s